Artikel & Tips

Siapa yang Butuh Investasi?

Pertanyaan ini jadi perhatian seantero millennials yang merasa belum perlu berinvestasi. Pasti sebagian dari kita jawab gini ‘investasi cuma untuk orang berduit’, hal ini ada benarnya juga karenabinvestasi butuh uang sebagai modal.

Nah, gimana kalau berhadapan sama pertanyaan ini: “Buat apa sih investasi?” Pertanyaan ini lebih
susah dijawab. Tapi, bagi yang sudah sadar berinvestasi pasti akan jawab bahwa investasi itu untuk mempersiapkan dana guna memenuhi kebutuhan masa depan.

Jadi, siapa yang sebenernya paling butuh investasi? Ya kita-kita ini, para millennials. Kenapa kita? Karena banyak dari kita akan menemui banyak kebutuhan di masa depan, sementara kita belum memiliki dana saat ini. Banyak sekali kebutuhan masa depan yang perlu disadari dan diraih
nantinya seperti, dana pendidikan anak, pensiun atau kebutuhan lainnya. Kalau dijabarkan lebih detail, kayanya poin-poin di list kita akan – sangat – banyak, walaupun kebutuhan itu tergantung pada tujuan hidup kita masing-masing.

Selain itu masih ada hal lain berkaitan dengan biaya hidup, selain jenis kebutuhan, besarnya rupiah untuk memenuhi kebutuhan akan terus mengalami kenaikan harga karena inflasi setiap tahunnya. Inflasi merupakan “musuh” masa depan, dan perlu hadapi dengan serius. “Senjata” untuk menghadapi inflasi adalah dengan investasi. Ibaratkan investasi ini orang yang sangat menarik, kita pasti tau tentangnya, terus simpati, empati, lalu… jatuh hati. Jangan antipati sama dia ya, dengar nama ‘investasi’ saja sudah ogah. Eits! Dia itu sangat menarik dan bisa membuat kita jatuh hati bahkan sangat dalam.

Sayangnya, dia -si investasi, masih kurang fans di Indonesia. Maksudnya, masih sedikit dari orang atau keluarga yang melakukan investasi dengan benar untuk tujuan tertentu, investasi yang dilakuk anbiasanya tidak mengikutsertakan perencanaan untuk mencapai tujuan awal, padahal hal ini penting banget loh! Ya, bisa jadi kita – kita belum ada kesadaran untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan sejak dini.

Namun, ketika sudah sadar mempersiapkan kebutuhan masa depan dengan investasi pun terkadang memulainya cukup sulit. Mindset investasi yang ada di benak millennials identik dengan uang banyak dan berlebih, hal ini menjadi salah satu hambatan berinvestasi. Padahal investasi bisa menggunakan
modal awal dalam jumlah kecil dari uang ‘berlebih’ yang kita miliki di rekening. Dimulai dengan dana yang relatif kecil, kita tetap bisa berinvestasi dan mendapatkan return kok. Perlu dicatat bahwa, dana dengan jumlah sedikit ini dapat dilakukan jika sudah punya tujuan spesifik dan dilakukan dalam rentang waktu lama. Tapi ingat, menyediakan uang ‘berlebih’ dengan jumlah kecil pun akan jadi tantangan tersendiri karena tentu kita perlu menyisihkan sebagian dari pemasukan untuk berinvestasi secara berkala.

Tantangan masa depan harus dihadapi dengan mantap, millennials seperti kita sangat butuh berinvestasi. Harus berani untuk memulai dan berani belajar lebih banyak, demi bekal mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.

 

( kerja sama dengan halofina )

Related posts

Sebarkan Investasi Anda!

admin

Memahami Laporan Keuangan Reksa Dana!

admin

Apakah Risiko Reksa Dana Selalu Sama?

admin

Leave a Comment