Artikel & Tips

Memahami Laporan Keuangan Reksa Dana!

Kalian tau ngga sih kewajiban Manajer Investasi reksa dana? Mereka mengelola keuangan dan wajib punya keterbukaan informasi bagi investor. Jadi, para investor bakal menerima laporan keuangan tahunan. Laporan ini disebut Laporan Keuangan Reksa Dana (LKRD), penyajian dan penyusunannya dilakukan sama Manajer investasi (MI) dan Bank Kustodian.

Di akhir tahun, akuntan publik yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal lakukan audit dan memberi opini terkait LKRD. Setelahnya, LKRD dilaporkan ke OJK dan dimasukkan dalam Pembaharuan Prospektus yang terbit di bulan April atau Mei tiap tahunnya. Emang, ngga semua investor minat baca LKRD. Tapi kalau ada investor yang mau tau lebih jauh tentang portofolio, bisa baca dan analisa sendiri laporan keuangan reksa dana. Informasi apa aja ya yang bisa didapat dari LKRD?

  • Investor bisa pelajari jenis-jenis perusahaan yang menerbitkan efek atau surat berharga, baik itu berbentuk saham, obligasi atau instrumen lain. Perusahaan ini disebut emiten. Selain itu,
    investor juga bisa analisa dua atau lebih reksa dana yang sama. Misalnya, mengecek kualitas
    portofolio emiten dari beberapa reksa dana saham.
  • Investor tau perputaran portofolio. Perputaran ini memperlihatkan aktivitas trading atau jual beli yang dilakukan MI. Kalau rasio perputaran di satu reksa dana punya nilai lebih tinggi dibanding reksa dana lain, artinya aktivitas trading reksa dana juga tinggi.

Dari dua informasi itu, terkadang kita bisa tau perbedaan kinerja dan risiko dari beberapa reksa dana sejenis yang dianalisa. Tapi – informasi itu ngga selalu bisa ngejelasin perbedaan kinerja, karena di LKRD hanya melihat isi portofolio di hari akhir penutupan tahun. Sedangkan, kinerja dilihat dari aktivitas investasi yang dinamis sepanjang tahun.

Komposisi portofolio bisa berubah terus tiap waktu. Buat investor yang ngga mau terlalu paham laporan keuangan, bisa pilih laporan bulanan singkat atau dikenal fund fact sheet yang menilai kinerja bulanan dan beberapa waktu ke belakang.

Kita jadi paham sekarang, apa isi ‘dapur’ reksa dana. Selamat berinvestasi di reksa dana!

 

( kerja sama dengan halofina )

Related posts

Investasi Reksa Dana Bulanan ditemani Fund Fact Sheet!

admin

Apakah Risiko Reksa Dana Selalu Sama?

admin

Sebarkan Investasi Anda!

admin

1 comment

Leave a Comment